Mau Berhenti Merokok? Lakukan 5 Hal Berikut ini!

Unknown
cara berhenti merokok
cara berhenti merokok
Seperti yang semua orang ketahui, merokok dapat merugikan kesehatan baik bagi si perokok maupun orang yang ada di sekitarnya. Walaupun sudah mengetahui kerugiannya namun banyak diantara para perokok yang tidak dapat menghentikan kebiasaan buruknya. Dengan alasan yang bermacam-macam mereka membuat pembelaan atau pembenaran yang menurut mereka benar. Seperti, merokok agar bisa dapat bergaul atau bersosialisasi ataupun juga agar bisa lebih berkonsentrasi. Padahal tanpa rokok pun mereka semua dapat melakukan hal tersebut.

Saya disini ingin berbagi pengalaman pribadi saya sendiri. Dulu saya adalah juga merupakan seorang perokok aktif yang dapat menghabiskan 3 bungkus rokok dalam sehari. Kebiasaan buruk itu saya lakukan sampai dengan tahun akhir tahun 2010. Setelah itu saya akhirnya dapat dengan sukses menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Bagi anda yang saat ini tidak merokok maupun yang baru mulai sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk tersebut sebelum terlambat.

Sebenarnya tidak susah untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Berdasarkan pengalaman, saya hanya butuh waktu 1 hari untuk mulai berhenti merokok. Adapun beberapa tips yang dapat saya bagikan antara lain :

1. Niat berhenti merokok
niat berhenti merokok
niat berhenti merokok
Disini niat untuk berhenti merokok sangatlah penting. Karena berdasarkan pengalaman saya, saat ingin berhenti merokok memang di awali dengan sebuah niat. Diibaratkan seperti orang yang akan menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, saat berniat puasa maka apapun godaannya pasti tidak akan tergoda. Yang menjadi catatan disini, anda tidak perlu mencari alasan untuk berhenti merokok. Karena yang namanya berhenti merokok itu adalah tanpa alasan apapun.



2. Mulailah berhenti membeli rokok
Setelah niat ditanamkan dalam hati selanjutnya harus diikuti oleh perbuatan. Yang harus dilakukan cukup sederhana, yaitu mulailah untuk berhenti membeli rokok. Dengan berhenti membeli rokok maka secara otomatis anda tidak akan merokok lagi, karena stok rokok juga tidak ada. Tidak perlu melakukan yang namanya mengurangi rokok sudah pasti tidak akan berhasil.
berhenti beli rokok
berhenti beli rokok

3. Berhenti minta rokok teman
Jika anda tidak memiliki rokok jangan sampai meminta pada teman anda, sesekali anda minta mungkin masih akan diberi. Tapi jika terlalu sering, yang ada malah teman anda merasa jengkel dan jadinya anda akan dijauhi oleh teman anda.
dilarang minta rokok
dilarang minta rokok

4. Alternatif pengganti rokok
Saat anda baru mulai berhenti merokok, mungkin anda masih memerlukan alternatif pengganti rokok saat muncul keinginan untuk merokok. Kalau yang saya alami, keinginan itu saya ganti dengan meminum air putih sebanyak-banyaknya atau makan makanan yang bisa mengenyangkan. Jika diwaktu santai saya juga biasa meminum kopi hitam ataupun teh manis. Selain itu juga blla memang sudah tidak tertahankan lagi maka saya akan melakukan kegiatan yang bisa menimbulkan keringat, seperti push up, sit up atau apapun itu yang penting bisa menghasilkan keringat.

5. Jangan percaya mitos
Yang membuat rokok dapat meningkatkan konsentrasi itu hanyalah mitos atau sugesti saja. Disaat saya membutuhkan konsentrasi lebih, rokok saya ganti dengan kopi hitam. Ternyata hal itu juga dapat meningkatkan konsentrasi saya. Jadi jangan khawatir jika anda berhenti merokok maka anda tidak akan bisa berkonsentrasi. Carilah alternatif lainnya sebagai penggantinya.



keren tanpa rokok
keren tanpa rokok
Saat ini saya sudah berhenti merokok selama kurang lebih 6 tahun dan efek yang saya dapatkan sangat terasa sekali. Mulai dari berat badan yang bertambah, kemudian nafas yang menjadi lebih panjang dan juga stamina saat berolahraga menjadi lebih baik. Sebagai informasi, saat saya berhenti merokok di tahun 2010 berat badan saya 50kg dan dalam waktu 1 tahun di tahun 2011 berat badan saya sudah 65kg. Bahkan sempat di tahun 2015 berat saya mencapai 80kg, namun segera saya kontrol dan saat ini sudah dapat stabil 73-75kg.


Demikian sedikit sharing pengalaman dari saya, jika diantara pembaca sekalian memiliki pengalaman tersendiri saat mulai berhenti merokok, silahkan dapat berbagi pengalamannya di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih sudah membaca, semoga dapat bermanfaat. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »