Cara Mudah Mengatur Keuangan Usaha

Unknown
pencatatan keuangan
Apakah saat ini kamu memiliki sebuah usaha yang kamu kelola sendiri? Pernahkan kamu merasa kesulitas untuk mengatur keuangan usahamu? Menjadi seorang pengusaha, sedikit banyak memerlukan pengetahuan di bidang keuangan, Banyak cara untuk mempelajari cara mengatur keuangan usaha, salah satunya dengan membaca blog ini.

Dalam artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman saya saat masih mempunyai usaha Kebab Turki. Berdasarkan pengalaman tersebut sedikit banyak saya mempelajari beberapa refferensi yang akhirnya coba saya terapkan. Jika kamu masih belum begitu menguasai cara udah mengatur keuangan usaha, mungkin kamu bisa coba beberapa tips berikut ini :

1. Pisahkan Antara Uang Pribadi dan Uang Usaha
Hal ini merupakan hal yang paling mendasar dalam mengatur keuangan usaha. Banyak diantara para pemula yang beranggapan bahwa penghasilan dari usaha dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Untuk memudahkan pengaturan keuangan bisa dilakukan dengan sistem gaji. Yaitu walaupun kamu yang memiliki usaha tersebut, namun kamu tetap menerima gaji dari usaha kamu tersebut. Besarannya bisa kamu atur sendiri disesuaikan dengan besar keuntungan usahamu. Untuk penyimpanan uang usaha sebaiknya disimpan di tempat terpisah, dan harus komitmen tidak akan mengggunakan uang tersebut untuk keperluan pribadi.

2. Pembagian Keuangan Usaha
Berdasarkan pengalaman yang pernah saya jalani sebelumnya, setiap hari setelah selesai berjualan saya akan langsung membagi hasil penjualan tersebut sesuai dengan posnya masing-masing. Adapun pembagian yang saya buat sebagai berikut :

- Gaji Karyawan (jika memiliki karyawan)
- Gaji Pemilik Usaha 
- Biaya Sewa (jika sewa tempat)
- Biaya Bahan/Produksi
- Laba atau keuntungan

Uang yang saya dapatkan tersebut akan langsung saya pisahkan tempatnya sesuai dengan alokasinya dan untuk besaran pembagiannya akan saya sesuaikan dengan besarnya pendapatan saya.

Untuk pengembangan usaha kamu, bisa menggunakan alokasi dana dari Laba atgau keuntungan kamu dapatkan. Jangan mengambil dari alokasi yang lainnya karena akan berpengaruh terhadap kelangsungan usaha kamu.

3. Pencatatan Keuangan
Untuk mempermudah memonitor perkembangan usahamu sebaiknya buat beberapa pencatatan keuangan sesuai dengan kegunaannya. Adapun beberapa pencatatan keuangan adalah sebagai berikut :
  • Buku Pencatatan Pendapatan
"Catat semua uang yang didapat setiap harinya dan pastikan jumlah pencatatan sama dengan jumlah uang yang diterima".
  • Buku Pencatatan Pengeluaran
"Catat semua uang yang dikeluarkan baik itu untuk pembelian bahan, pembayan gaji maupun untuk pembayaran sewa".

Untuk mempermudah pekerjaan tersebut saat ini sudah banyak aplikasi andorid yang bisa membantu fungsi tersebut. Silahkan cek seusai dengan kebutuhan kamu.

Kalau kamu punya tips atau trik lain mengenai cara mudah mengatur keuangan usaha, bisa ditambahkan melalui kolom komentar di bawah ini. 

Demikian artikel ini saya bagi semoga bisa bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »