Tempat Keren di Samarinda - Berambai Expedition

Unknown
Liburan tidak melulu harus kita habiskan dengan berjalan-jalan di mall atau pun tempat wisata belanja saja. Waktu liburan dapat kita habis dengan melakukan petualangan ke tempat objek wisata yang masih belum banyak dikenal oleh masyarakat. Kota Samarinda memiliki objek wisata yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat dikarenakan kurangnya perhatian ataupun promosi dari pemerintah setempat. Salah satunya yang dapat dicoba adalah dengan melakukan petualangan ke Berambai. 


Beberapa target spot yang dapat dikunjungi adalah sebagai berikut :
  1. Rumah Kapal
  2. Air Terjun Berambai
  3. Puncak Barat
  4. Goa Naga
  5. Puncak Timur
Rute perjalanan
        Perjalanan menuju spot yang diinginkan dapat menggunakan kendaraan bermotor baik itu roda 2 maupun roda 4. Jika ingin melakukan trip gowes dengan sepeda juga sangat bagus terutama jika dilakukan pagi hari.

Jalan masuk menuju daerah berambai berada di daerah Sempaja, pertigaan menuju sempaja ujung dengan berambai. Dari pertigaan jarak yang akan ditempuh adalah sejauh +19KM dengan kondisi jalan aspal, jalan cor dan juga jalan tanah. 

Kondisi jalan yang cukup menantang karena banyaknya lubang-lubang (tidak disarankan menggunakan mobil ceper). Selain itu juga perjalanan akan selalu menanjak dengan ketinggian yang cukup menantang bagi para penikmat gowes. Siapkan tenaga dan stamina sebelum perjalanan ya :)
Rute Berambai Expedition
1. Rumah Kapal
Dalam perjalanan menuju daerah puncak berambai di sisi sebelah kanan jalan akan dijumpai sebuah bangunan yang unik. Yaitu rumah yang berbentuk Kapal dengan posisi berada di tengah-tengah kolam. Seakan-akan menunjukkan bahwa kapal tersebut telah terdampar dan tidak dapat melanjutkan perjalanan lagi.
Rumah Kapal
Sangat bagus apabila anda hobi dalam photography untuk mengabadikan objek ini. 

2. Air Terjun Berambai 
Lokasinya berada di sebelah kanan jalan dan terdapat papan petunjuk yang menunjukkan lokasi air terjun. Untuk kendaraan roda 4 tidak dapat memasuki lokasinya. Jadi silahkan parkir di depan jalan masuk air terjun. Kemudian untuk kendaraan roda 2 bisa sampai ke lokasi dengan kondisi jalan yang becek saat habis hujan. Dari jalan masuk sampai dengan ke lokasi kira-kira 250 meter, tidak terlalu jauh jika berjalan kaki.
Pohon Sakura versi Berambai
Dalam perjalanan terlihat pohon dengan warna daun yang unik seperti foto di atas. Objek yang bagus untuk foto-foto sebagai kenang-kenangan.
Perjalanan ke Air Terjun
Setelah sampai di tujuan, rasa lelah seakan-akan langsung terobati dengan pemandangan dan kesejukan air terjun berambai. Nikmati dengan bersantai sejenak sebelum kembali melanjutkan perjalanan.
Air Terjun Berambai
Sejuknya Air Terjun Berambai
3. Puncak Barat
Kembali lagi melanjutkan perjalanan yang semakin menanjak jangan alihkan pandangan dari sebelah kiri jalan. Karena akan tampak pemandangan yang sangat menabjubkan dengan hamparan pepohonan yang masih tampak hijau dan lebat. Cocok untuk dijadikan tempat istirahat melepas lelah dalam perjalanan sambil menikmati pemandangan ditemani hembusan angin sepoi-sepoi.
Istirahat Sambil Menikmati Pemandangan
Hamparan Pegunungan Yang Masih Hijau
4. Goa Naga
Puas menikmati pemandangan alam, kita akan melanjutkan lagi perjalanan dengan mengunjungi salah satu hasil karya alam yang sangat luar biasa, yaitu Goa Naga. Nama ini diberikan karena goa ini masih memiliki Stalaktit yang masih aktif dan menjuntai dari langit-langit goa.

Menuju ke goa tidak bisa menggunakan kendaraan roda 4 hanya bisa dijangkau dengan kendaraan roda 2 atau pun berjalanan kaki. Tidak terlalu jauh dari pinggir jalan, kira-kira berjalan kaki sejauh 200 meter sudah mencapai lokasi goa.
Penulis Numpang Narsis
Sepanjang perjalanan sempatkan untuk mengabadikan momen yang indah ini, karena pemandangan yang disajikan sungguh sangat mengesankan dan membuat takjub karena keindahan alamnya yang masih hijau.

Menuju Goa Naga

Pemandangan Bukit Hijau
Tiba di mulut goa saatnya untuk menjelajahi dalamnya goa. Jangan lupa untuk berhati-hati dan bawa peralatan pendukung seperti senter yang cukup terang, karena kondisi goa yang sangat gelap. Bawa pelindung kelapa dan masker, karena banyak binatang sejenis kelelawar yang berterbangan di dalam goa. 

Eksis with kuncen Habil
Di Mulut Goa Naga
Stalaktit Yang Masih Aktif
5. Puncak Timur
Tiba di akhir perjalanan kita setelah dari Goa Naga dengan berjalan kaki sampailah akhirnya di Puncak Timur dengan pemandangan alam yang lebih luas lagi. Dari Puncak Timur kita bisa melihat Bandara Sei Siring dengan jelas dan pemandangan sunrise (matahari terbit) di pagi hari.
Pemandangan di Puncak Timur
Birunya Langit dan Hijaunya Pepohonan

With sang Photographer
Tiba di tujuan akhir saat beristirahat mengembalikan tenaga untuk kembali melakukan perjalanan pulang. Di Puncak Timur terdapat beberapa pondok yang dapat digunakan bersantai dan juga terdapat kafe diseberang pondok dengan posisi yang bagus juga untuk menikmati pemandangan di Puncak Timur.

Alam yang indah akan tetap indah jika kita bersama-sama menjaga dan merawatnya dengan cara yang sangat mudah yaitu :

  1. Jangan mengambil apapun kecuali gambar
  2. Jangan meninggalkan apapun kecuali jejak
  3. Jangan membunuh apapun kecuali waktu

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

5 komentar

tempat wisata yang bagus. saya 5 taon di samarinda tapi belom pernah ke tempat itu. hehe

Dimananya Batu Besaung yah?

Batu besaung masih terus lagi kesana. menurut info jalannya sudah tembus ke bandara samarinda baru dan ke muara badak.

WIsata yang bagus dan indah... saya cuma takut untuk beberapa tahun kemudian... apakah kita bisa liat pemandangan hijau itu lagi atau sudah berganti tambang atau perumahan????

WIsata yang bagus dan indah... saya cuma takut untuk beberapa tahun kemudian... apakah kita bisa liat pemandangan hijau itu lagi atau sudah berganti tambang atau perumahan????