Tips Tetap Bugar Saat Perjalanan Mudik

Unknown
Mudik saat merayakan Hari Raya Idul Fitri merupakan sebuah tradisi yang rutin dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Fenomena sosial ini juga merupakan sebuah fenomena sosial yang terbesar di dunia. Karena di saat yang bersamaan terjadi perpindahan puluhan juta penduduk menuju ke kampung halaman mereka.

Padatnya perjalanan saat menuju ke kampung halaman terkadang menjadi tantangan tersendiri bagi para pemudik (sebutan bagi orang yang mudik). Para pemudik bisa mengalami resiko gangguan kesehatan saat sedang mudik.

Kemudian bagaimana agar bisa tetap bugar selama melakukan perjalanan mudik, berikut ini beberapa tipsnya yang semoga bisa berguna :

1. Istirahat yang cukup
Sebelum melakukan perjalanan mudik persiapkan stamina dan tenaga anda. Jaga pola istirahat dan tidur sebelum perjalanan mudik. Dengan istirahat yang cukup dapat menghindari kelelahan akibat macet saat perjalanan mudik. Saat melakukan perjalanan mudik bisa beresiko meningkatkan tekanan darah karena stress dan kelelahan di perjalanan.

2. Siapkan Perbekalan
Dengan perjalanan yang cukup jauh jangan lupa untuk mempersiapkan perbekalan secukupnya, terutama air minum. Dengan cuaca yang cukup panas bisa membuat anda terkena resiko dehidrasi.

3. Cemilan Berserat
Untuk memenuhi asupan gizi selama perjalanan mudik sebaiknya anda membawa perbekalan untuk cemilan yang memiliki serat tinggi, seperti buah-buahan. Tidak disarankan untuk menkonsumsi makanan yang memiliki rasa asin, karena akan membuat haus.

4. Bawa Obat
Jangan lupa untuk membawa perbekalan obat-obatan umum, seperti obat sakit kepala, obat anti mual dan juga obat sakit perut. Kan gak kebayang rasanya saat ditengah perjalanan tiba-tiba anda terserang diare. Selain itu juga jika anda mempunyai penyakit bawaan seperti asma siapkan juga obat-obatan untuk penyakit bawaan anda.

5. Ciptakan Suasana Nyaman
Saat terjebak kemacetan cenderung anda akan merasakan stress. Daripada selalu mengeluh karena kondisi jalan yang macet, lebih baik anda ciptakan saja suasana yang nyaman saat sedang berada dalam kemacetan. Yang bisa dilakukan adalah dengan mendengarkan musik yang ada sukai dan juga ngobrol dengan keluarga sambil menceritakan kejadian menyenangkan selama di kampung halaman.

Selain kelima tips di atas jika memang kondisi sudah sangat melelahkan, jangan lupa untuk mampir ke tempat rest area untuk beristirahat sejenak sebelum kembali melanjutkan perjalanan.

Demikian beberapa tips dari saya jika anda punya tips sendiri silahkan komentar di bawah ini. Terima kasih sudah bersedia membaca artikel ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »