Yang Selalu Ada di Setiap Perayaan Tahun Baru

Unknown
Tidak terasa sekarang sudah masuk bulan Desember 2016. Sebentar lagi akan berganti menjadi tahun 2017. Banyak dari kita yang sudah mulai bersiap untuk merayakan pergantian tahun ini. Seperti biasa di perayaan tahun baru sebelumnya, pastinya kamu sudah punya acara bersama teman, kerabat maupun pasangan kamu. Saya punya artikel yang berkaitan dengan perayaan tahun baru yang bisa menambah pengetahuan kamu. Silahkan disimak ya.

Sejarah Tahun Baru

Setiap tahun kamu selalu merayakan pergantian tahun, tapi apakah kamu sudah pernah tahu kapan pertama kali tahun baru itu dirayakan dan kenapa.
"Tahun Baru pertama kali dirayakan pada tanggal 1 Januari 45 SM. Tidak lama setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai kaisar Roma, ia memutuskan untuk mengganti penanggalan tradisional Romawi yang telah diciptakan sejak abad ketujuh SM."
Jadi jika dilihat dari sejarahnya, perayan tahun baru itu dilakukan untuk merayakan pergantian penanggalan ataupun sistem kalender yang sebelumnya berpatokan pada penanggalan tradisional Romawi menjadi sistem penanggalan yang diciptakan oleh Julius Caesar. Dan akhirnya sistem kalender dari Julius Caesar itu yang digunakan sampai dengan saat ini.

Selain kisah dibalik perayaan tahun baru, ada juga hal-hal lain yang selalu ada disetiap perayaan tahun baru. Mungkin diantara kalian ada yang melakukan rutinitas ini disetiap tahun baru.

Bakar Jagung

Entah apa sebenarnya hubungan antara perayaan tahun baru dengan tradisi bakar jagung. Saya sebenarnya juga tidak begitu paham. Tapi yang jelas tradisi ini selalu ada. Kenapa jagungnya tidak di rebus atau di buat dadar jagung saja kemudian makannya pake nasi ditambah lagi dengan sambel, pasti lebih kenyang jadinya. 

Bisa jadi kenapa jagungnya harus dibakar karena prosesnya lebih mudah tidak perlu menyiapkan bumbu tinggal bakar saja. Kemudian proses membakarnya juga tidak bisa ditinggal-tinggal sehingga harus konsentrasi jangan sampai jagungnya gosong. Nah proses menunggu jagungnya masak itulah yang jadi ajang saling ngobrol dengan teman-teman ataupun kerabat orang terdekat sehingga menambah suasana keakraban.

Terompet

Memasuki bulan Desember sampai dengan akhir bulan desember mulai banyak para penjual terompet yang menjajakan dagangannya. Ya, terompet adalah salah satu hal yang tidak terpisahkan dari perayaan tahun baru. Dengan suaranya yang cempreng dan berisik itu semua orang berlomba-lomba untuk meniup terompet senyaring-nyaringnya.

Tujuannya juga tidak jelas, mungkin untuk mengingatkan orang-orang bahwa ini sudah mendekati pergantian tahun. Atau untuk membangunkan orang di tengah malam untuk menandakan bahwa tahun telah berganti. Kalau di zaman dulu mungkin hal ini bisa berguna, bisa saja orang tidak tahu jika tahun sudah berganti. Tapi di zaman yang sudah canggih seperti ini, dengan melihat handphone saja kita sudah tahu bahwa sudah terjadi pergantian tahun.

Dangdutan

Kalau kamu pernah jalan-jalan menjelang malam pergantian tahun, pastinya kamu akan melihat di setiap rumah-rumah orang akan berlomba-lomba mengeluarkan sound system di depan rumah mereka. Kemudian mereka akan menyetel lagu dangdut ataupun musik disko. Bahkan ada juga yang sambil karaokean, lagunya lagu dangdut. Saya juga gak tau apa hubungannya dengan malam tahun baru. Tapi diambil positifnya saja, mungkin untuk menghibur orang-orang yang sedang lewat di depan rumahnya. Dinikmati saja lagunya.

Kembang Api

Yang paling ditunggu saat malam puncak pergantian tahun adalah gemerlap cahaya dari kembang api. Dengan perpaduan warna yang cantik membuat suasana tengah malam menjadi berwarna-warni. Dari semua hal yang ada disaat perayaan tahun baru, hal ini menjadi salah satu daya tariknya. Semua orang berkumpul di alun-alun atau pusat kota menyaksikan pergantian tahun yang diwarni oleh kembang api. 

Setelah kembang apinya habis, semua orang kembali ke rumah masing-masing. Sudah datang dari beberapa jam sebelumnya hanya untuk menyaksikan kembang api yang hanya berlangsung kurang dari 5 menit. Kurang sebanding sebenarnya dengan penantiannya.

Ya seperti itulah beberapa hal yang pastinya akan selalu ada di setiap perayaan malam tahun baru. Apapun yang kalian lakukan di malam tahun baru, tetap jaga ketertiban dan juga merayakannya dengan kegiatan yang positif.

Kalau di tempat kamu ada yang punya tradisi khusus untuk malam tahun baru ceritakan di kolom komentar di bawah ini ya.

Terima kasih sudah membaca. Selamat Tahun Baru.

Jangan lupa klik share :)

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »